Lk 1 Prakarya Kelas 9 Semester 2
Prakarya kelas 9 Semester 2 LK-2 hal 132
1. Prakarya kelas 9 Semester 2 LK-2 hal 132
Nama hewan hasil peternakan dan perikanan :
1. Sapi
2.Domba
3. Ikan
Hasil samping yang dimanfaatkan :
1. Daging dan susu
2. Daging dan bulunya
3. Daging
Produk yang dihasilkan :
1. Susu kemasan
2. Telor
3. Ikan goreng/Sarden
Manfaat :
1. Untuk pertumbuhan gizi dan mengandung banyak nutrisi
2. Pertumbuhan gizi yang sangat baik
3. Untuk menambah protein dalam tubuh kita
Pendapat :
Hewan dari perikanan dan peternakan sehat bagi tubuh kita seperti protein pada ikan, pertumbuhan gizi pada daging domba dan nutrisi pada susu sapi, dll.
PembahasanHewan adalah kelompok organisme yang dikelompokan dalam kerajaan Animalia atau metazoa.
Dilihat dari makanannya, hewan terbagi menjadi 5 golongan atau 5 jenis, yaitu: Herbivora, Carnivora, Omnivora, Frugivora, Insectivora.
Herbivora adalah hewan pemakan tumbuhanKarnivora adalah hewan pemakan dagingOmnivora adalah hewan pemakan segalanyaFrugivora adalah hewan pemakan tumbuhanInsectivora adalah hewan pemakan serangga.Dilihat dari tempat tinggalnya, hewan dibagi menjadi 3 golongan atau 3 jenis, yaitu: Hewan yang hidup di darat, Hewan yang hidup di air, dan Hewan yang hidup di darat dan di air.
Dilihat dari cara berkembangbiak, hewan dibagi menjadi 3 golongan atau 3 jenis, yaitu: Ovipar, Vivipar, Ovovivipar.
Ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur , contohnya : Ayam,Bebek,Kura-kura
Vivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan , contohnya : Kucing,Paus
OvoVivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur sekaligus melahirkan , contohnya : Ular kadut,Iguana,Kadal
Pelajari Lebih LanjutSebutkan 20 hewan yg melahirkan brainly.co.id/tugas/3130206Contoh hewan yang memiliki tentakel adalah ? brainly.co.id/tugas/11878304Herbivora adalah hewan ? https://brainly.co.id/tugas/18723071Detail JawabanKelas : 4
Mapel : IPA
Bab : 4
Kode : 4.4.3
#TingkatkanPrestasimu
2. Jawaban lk-2 prakarya kelas 9 semester 1 halaman 12
Pendahuluan :
Kerajinan bahan keras adalah kerajinan yang dasar pembuatanya dari bahan keras. kerajinan bahan keras berdasar asalnya ada 2 , yaitu bahan keras alam dan buatan.
Kerajinan bahan keras dibuat dengan tujuan memenuhi kebutuhan manusia. Tingginya permintaan kerajinan bahan keras membuat berbagai inovasi terus - menerus
Jawaban inti1) Produk kerajinan bahan keras : Ragam hias kayu
Bahan dasar kerajinan : Kayu
Bentuk kerajinan bahan keras : Berbentuk ragam hias yang unik
Muatan nilai : Nilai pada Ragam hias digunakan sebagai ornamen dan lambang nilai budaya setempat
2) Produk kerajinan bahan keras : sandal bambu
Bahan dasar kerajinan : bambu
Bentuk kerajinan : Lonjong - menyesuaikan ukuran kaki
Muatan nilai : Sandal bambu digunakan sebagai alas kaki
3) Produk kerajinan bahan keras : Tas rotan
Bahan dasar kerajinan : rotan
Bentuk kerajinan : berbentuk kotak
Muatan nilai : Tas rotan digunakan untuk membawa barang - barang dalam satu wadah
4) Produk kerajinan bahan keras : Perabot kursi
Bahan dasar kerajinan : Kayu
Bentuk kerajinan : Tersusun dari balok
muatan nilai : Kursi digunakan sebagai tempat duduk
=============
Mapel : Prakarya
Kelas : 9
bab : Kerajinan bahan keras
Materi : Aspek rancangan dalam produk kerajinan
Kata kunci : contoh produk kerajinan bahan keras, bahan dasar kerajinan, bentuk kerajinan , muatan nilai kerajinan bahan keras
Kode soal : 23
Kode kategorisasi : 9.23
===========
Pelajari lebih lanjut :Pengertian kerajinan bahan keras
https://brainly.co.id/tugas/14129530
Contoh kerajinan bahan keras
https://brainly.co.id/tugas/4836538
Contoh kerajinan dari bahan alam
https://brainly.co.id/tugas/364614
===========
#TingkatkanPrestasimu
3. Lk 2 prakarya kelas 9 semester 1 hal 10tolong dijawab ya:)
Penjelasan:
saya tidak punya bukunya, disini juga tidak ada pertanyaannya.. maaf yaa
4. LEMBAR KERJA-3 (LK-3) prakarya kelas 8 hal 8 semester 2
Jawaban✍:
Contoh kegiatan reduce sehari-hari
Contoh kegiatan reuse sehari-hari :
contoh kegiatan recyle sehari-hari :
CONTOH BARANG BARANG YANG DIOLAH
Contoh Reduce:Menggunakan botol yang bisa diisi ulang daripada membeli botol kemasan plastik.Mencetak pada kertas bolak-balik, tidak hanya satu sisi.Ketika berbelanja membawa tas sendiri yang bisa digunakan berulangkali.Membawa makan siang dalam wadah yang reusable, bukan menggunakan kemasan plastik.Kurangi penggunaan disposable good seperti piring plastik/kertas, gelas plastik/kertas
Contoh Reuse:Pakaian, baju dan alat-alat yang tidak dipakai didonasikan/dijual ke second hand shop.Menggunakan tas sendiri untuk berbelanjaMengirim parcel/barang menggunakan kardus bekas, mengirim surat menggunakan amplop bekasMenggunakan gelas berbahan kaca yang bisa dipakai berulangkali daripada menggunakan gelas plastik/kertasMenggunakan ban yang sudah tidak dipakai dan diubah menjadi kursi, meja dan lain sebagainya
Contoh Recycle:Mengumpulkan dan memilah sampahTutup botol plastik digunakan untuk membuat tas belanja, sapu dan lain sebagainyaKarton telur direcycle menjadi kartun telur lainnyaMendaur ulang kertas menjadi kertas atau buku lainnya.
ungkapan perasaan : Saya sangat senang dapat mengetahui informasi cara cara mengolah limbah dan bangga bahwa negara kita dapat mengurangi sampah dengan sangat baik yaitu redce reuse dan recycle, karena membakar samapah akan mengakibatkan polusi
Penjelasan:
Di gambar tulisannya mendeskripsikan jadi saya tulis cara pengolahannya dan contoh benda yang diolah ya
Detail Jawaban
Kelas: 7
Mapel: Biologi
Kategori: Pencemaran Lingkungan
Kode: 7.4.9
Kata Kunci: reduce, reuse, recycle, 3R
5. LK 8 prakarya kelas 8 bab 1 semester 1
Corak batik
Kalo salah
6. jawaban prakarya tugas 4 LK-3 halaman 22 kelas 9 semester 1
Jawaban:
itu kamu harus membuat motif sendiri
misalnya: kamu buat motif yang di suruh oleh guru dan setelah jadi kamu buat nama motifnya dan maknanya juga
Penjelasan:
kalau mau lebih lanjut/mau di ajarkan chat wa : 082179175848 ( gratis ) semoga membantu.
7. prakarya kelas 8 semester 2 lk 5,tolong dijawab ya
Pada Lembar Kerja 5 yang ada pada buku cetak Prakarya kelas 8 semester 2, berikut adalah penjelasan yang ada pada tabel tersebut:
Kerajinan 1
Jenis bahan limbah keras organik: tempurung kelapaCiri-ciri produk kerajinan: keras dan digunakan untuk makan.Bentuk produk kerajinan: bulat seperti mangkuk.Ukuran produk kerajinan: sekitar 20 cm.Warna dan motif produk: warna coklat.Teknik pembuatan: pembersihan, pemotongan, penghalusan, dan pembentukan.Kerajinan 2
Jenis bahan limbah keras organik: cangkang kerang.Ciri-ciri produk kerajinan: digantung pada tas.Bentuk produk kerajinan: gantungan kunci.Ukuran produk kerajinan: 5 cm.Warna produk kerajinan: putih.Teknik pembuatan: pembersihan, penempelan, pengeringan.Kerajinan 3
Jenis bahan limbah keras organik: tulang ikanCiri-ciri produk kerajinan: berbentuk bulat dan digunakan pada lengan.Bentuk produk kerajinan: gelang.Ukuran produk kerajinan: diameter sekitar 10 cm.Warna produk kerajinan: putih.Teknik pembuatan: pembersihan, pengeringan, dan pewarnaan.Kerajinan 4
Jenis bahan limbah keras organik: sisik ikan.Ciri-ciri produk kerajinan: digunakan pada kuping.Bentuk produk kerajinan: anting.Ukuran produk kerajinan: 3 cm.Warna produk kerajinan: warna-warni.Teknik pembuatan: pembersihan, pewarnaan, penempelan, dan pengeringan.PembahasanLimbah keras organik adalah salah satu bentuk dari bahan dasar yang bisa digunakan dalam pembuatan karya kerajinan. Limbah keras organik adalah jenis limbah yang berasal dari lingkungan alam dan sudah memiliki sifat yang keras dan kokoh tanpa adanya kegiatan pengolahan oleh manusia.
Berikut adalah beberapa contoh dari limbah keras organik yang sering digunakan dalam pembuatan karya kerajinan:
KayuCangkang kerangTempurung kelapaSisik ikanPelajari lebih lanjutMateri tentang contoh kerajinan berbasis media campuran
https://brainly.co.id/tugas/21263558
Materi tentang prinsip kerajinan berbasis media campuran
https://brainly.co.id/tugas/18677013
Materi tentang contoh stilasi pada kerajinan berbasis media campuran
https://brainly.co.id/tugas/29024624
Detail jawabanKelas: 8
Mapel: Seni Budaya
Bab: 9 - Penerapan Ragam Hias pada Bahan Keras
Kode: 8.19.9
#AyoBelajar
8. prakarya kelas 8 halaman 10 lk 4 semester 2
Jawaban:
Penjelasan:SEKIAN TERIMA KASIH
9. Prakarya kelas 7, lk 1, semester 2, halaman 12tolong bantu jawab yaa, makasiii
Jawaban:
mana soalnya?,Kalo gini ga bisa jawab :D
10. Tolong ya:)prakarya kelas 8 semester 1,lembar kerja-2(lk-2),hal.7
Jawaban:
kan buku nya terkadang nggk smua sama..
11. lk 3 kuliner khas tradisi indonesia prakarya kelas 8 semester 2
gudeg, sate rujak ,cingur
12. Lembar kerja 2 (LK 2) prakarya kelas 8 bab 1 semester 1
Jawaban:
semoga membantu yaa
Penjelasan:
ada di gambar
13. prakarya kelas 8 semester 2 halaman 137 LK-2
Pada Lembar Kerja 2, halaman 137 kelas 8 pada pelajaran Prakarya, berikut adalah penjelasannya:
Tabel 1
Bahan pangan: bahan pangan yang digunakan adalah padi.Hasil samping: hasil samping dari nasi adalah jerami.Manfaat: manfaat dari jerami adalah untuk makanan hewan ternak, kandang hewan, dan juga untuk menciptakan api.Produk pangan: produk pangan dari padi adalah nasi.Latar belakang sosial budaya: jerami menjadi banyak di Indonesia karena sebagian besar mata pencaharian masyarakat Indonesia adalah sebagai petani padi.Tabel 2
Bahan pangan: bahan pangan yang digunakan adalah kacang kedelai.Hasil samping: hasil samping dari kacang kedelai adalah ampas kecap, ampas tahu, dan kulit kacang kedelai.Manfaat: manfaat dari hasil samping dari kacang kedelai adalah untuk makanan hewan ternak.Produk pangan: produk pangan dari kacang kedelai adalah susu kedelai, tahu, tempe, dan kecap.Latar belakang sosial budaya: hasil samping dari kedelai banyak di Indonesia karena banyak masyarakat Indonesia yang bekerja sebagai petani dan peternak.Tabel 3
Bahan pangan: bahan pangan yang digunakan adalah singkong.Hasil samping: hasil samping dari singkong adalah daun dan kulit singkong.Manfaat: manfaat dari daun dan kulit singkong adalah pupuk dan menjadi bahan pangan.Produk pangan: produk pangan dari singkong adalah keripik singkong, tape, kue, dll.Latar belakang sosial budaya: singkong adalah umbi yang cukup mudah ditanam sehingga banyak masyarakat Indonesia yang menanam singkong di kebun rumahnya dan membuat hasil samping dari singkong tersebut banyak digunakan di Indonesia.PembahasanPengolahan bahan pangan adalah kegiatan mengubah bahan pangan mentah sehingga bisa menjadi bahan pangan jadi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas gizinya dan juga untuk memperpanjang umur dari bahan pangan tersebut.
Secara garis besar, bahan pangan bisa dibedakan menjadi:
SerealiaUmbi-umbianKacang-kacanganPelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian olahan pangan setengah jadi
https://brainly.co.id/tugas/2707250
Materi tentang olahan bahan pangan serealia, umbi, dan kacang
https://brainly.co.id/tugas/27485060
Detail jawabanKelas: 8
Mapel: Seni Budaya
Bab: -
Kode: 8.19
#AyoBelajar
14. Bantu jawab :), Prakarya kelas 8 semester 2 halaman 145 LK 3
Berikut adalah penjelasan dari Lembar Kerja 3 yang ada pada buku Prakarya kelas 8 halaman 145:
Gambar 1
Nama produk: nama olahan pangan yang ada pada gambar adalah keripik singkong.Hasil samping: hasil samping dari produk olahan pangan tersebut adalah kulit singkong.Teknik pengolahan: teknik pengolahan keripik singkong adalah mengupas dan membersihkan singkong, lalu iris tipis sehingga berbentuk keripik. Panaskan minyak dan masukkan potongan singkong tersebut dan goreng hingga garing. Sejarah budaya: sejarah dari keripik singkong adalah singkong tidak menjadi salah satu makanan yang populer di kalangan masyarakat. Maka dari itu, dengan membuat keripik singkong kita bisa memberi bumbu yang nikmat sehingga membuat masyarakat menyukai singkong.Gambar 2
Nama produk: nama olahan pangan yang ada pada gambar adalah tempe gembus.Hasil samping: hasil samping dari produk olahan pangan tersebut adalah ampas kedelai.Teknik pengolahan: teknik pengolahan tempe gembus adalah mencuci ampas kedelai lalu dikukus sekitar 30 menit. Sangrai hasil kukusan tersebut dan pindahkan pada nampan. Kukus hasil sangrai tersebut hingga menjadi kering lalu masukkan pada plastik. Beri lubang pada plastik dan biarkan sampai 3 hari. Tempe gembus bisa digunakan setelah dibiarkan selama tiga hari.Sejarah budaya: tempe gembus adalah bentuk nyata dari penggunaan hasil samping bahan pangan yang seringkali sudah dianggap tidak berguna. Maka dari itu, tempe gembus adalah olahan pangan hasil samping yang sangat menarik.Gambar 3
Nama produk: nama olahan pangan yang ada pada gambar adalah sambal glandir asam.Hasil samping: hasil sampingnya adalah umbi jalar.Teknik pengolahan: teknik pengolahan sambal glandir asam adalah memotong ubi jalar hingga tipis lalu direbus sekitar 30 menit. Beri garam pada umbi jalar dan bersihkan lendir yang ada pada umbi jalar tersebut. Lumatkan cabe rawit, bawang merah, tomat, dan garam hingga tercampur. Bisa tambahkan juga jeruk nipis untuk memberi rasa asam. Ambil lendir dari umbi jalar dan taruh pada piring lalu di atasnya beri sambal.Sejarah budaya: sambal glandir asam ini bisa tercipta karena adanya keinginan untuk mengangkat umbi jalar sebagai salah satu bahan pangan yang nikmat. Hal ini dikarenakan umbi jalar tidak menjadi bahan pangan yang populer di masyarakat.Gambar 4
Nama produk: nama produk yang ada pada gambar adalah biskuit bekatul.Hasil samping: hasil samping dari produk tersebut adalah sekam padi.Teknik pengolahan: teknik pengolahan biskuit bekatul adalah kocok margarin dengan gula merah hingga mengembang lalu campurkan 2 buah telur. Campurkan tepung bekatul, jahe, biji bunga matahari, dan baking powder pada hasil adukan. Tuangkan hasil campuran pada loyang dan panggang pada oven.Sejarah budaya: bekatul pada zaman dahulu biasanya digunakan sebagai makanan ternak. Dengan adanya olahan biskuit bekatul ini, bekatul menjadi bahan pangan yang sering digunakan oleh masyarakat.PembahasanPengolahan bahan pangan adalah kegiatan mengolah bahan pangan mentah menjadi bahan pangan jadi atau bahan pangan setengah jadi. Tujuan utama dari pengolahan bahan pangan ini adalah untuk meningkatkan kualitas gizi dari bahan pangan dan juga memperpanjang umur dari bahan pangan tersebut.
Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengolah bahan pangan:
MengukusMemanggangMenggorengMerebusPelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian olahan pangan setengah jadi
https://brainly.co.id/tugas/2707250
Materi tentang olahan bahan pangan serealia, umbi, dan kacang
https://brainly.co.id/tugas/27485060
Detail jawabanKelas: 8
Mapel: Seni Budaya
Bab: -
Kode: 8.19
#AyoBelajar
15. LK 4 Prakarya halaman 130 kelas 8 semester 1tolong dong...
Nama olahan pangan : Tempe Gembus
Bahan yang digunakan :
Ampas kedelai 500 gram
Ragi tempe 1 sendok teh
Alat : plastic sealed, tusuk gigi, panci kukusan, nampan, wajan dan sutil
penggorengan, serta rak kawat dan serbet
Teknik pengolahan pangan yang digunakan:
Isi bagian bawah panci kukusan dengan air, letakkan sarang kukusan diatasnya, lalu masukkan ampas kedelai pada panci kukusan dan kukus selama 30 menitAngkat ampas kedelai kukus dengan dihampar pada b nampan secara merata dan dinginkan dengan cara dianginkan.Setelah dingin, sangrai ampas kedelai kukus hingga kering (tidak terasa lembab jika dipegang dengan jari).Angkat ampas kedelai sangrai dan dinginkan dengan dihampar pada nampan secara merata.Setelah ampas kedelai sangrai dingin beri satu sendok teh ragi dan campurkan secara merata dengan menggunakan sedok atau sutil penggorengan. Usahakan tangan jangan sampai menyentuh ampas kedelai yang telah dicampur ragi.Masukkan ampas kedelai bercampur ragi pada plastik sealed dan rapatkan. Lubangi kedua permukaan plastik dengan menggunakan tusuk gigi agar ada rongga udara. Letakkan plastic sealed berisi ampas kedelai diatas rak kawat yang telah dihampar dengan serbet dan diamkan selama 2 sampai 3 hari.Setelah didiamkan selama tiga hari, maka jadilah tempe gembus yang siap dimasak.Pelajari lebih lanjutMateri tentang olahan pangan gado-gado https://brainly.co.id/tugas/22320024
Materi olahan pangan pada sayuran https://brainly.co.id/tugas/15120500
Materi tentang olahan pangan sayuran https://brainly.co.id/tugas/22485759
Detail JawabanKelas : 7
Mapel : Prakarya
Bab : -
Kode : 7.23
#AyoBelajar
16. lk 3 prakarya kelas 8 bab 4 semester 2 hal 109 tolong
Jawaban:
Tepung serelia adalah tepung yang dibuat dari biji bijian. Contoh tepung serelia adalah tepung beras, tepung jagung, tepung gandum, tepung sorgum dan lain lain
Sementara tepung umbi adalah tepung yang dibuat dari umbi. Contohnya adalah tepung terigu, tepung kentang, Tepung Tangmien, Tapioka dan lain lain.
Perbedaan tepung serealia dan tepung umbi terletak pada rasa, aroma, warna dan juga tekstur. Nutrisi secara spesifik juga pasti berbeda hanya saja secara umum masing masing tepung ini merupakan sumber karbohidrat yang baik.
Contoh tepung serealia adalah tepung gandum. Jika dibandingkan dengan tepung umbi semisal tepung terigu maka akan diperoleh perbedaan sebagai berikut:
● Tepung gandum teksturnya agak kasar, sementara tepung terigu jauh lebih halus.
● Tepung gandum berwarna kecoklatan sementara tepung terigu putih susu.
● Dari aroma jelas berbeda karena bahan pembuatannya berbeda hanya saja bisa dikatakan aroma pada tepung gandum lebih kuat daripada tepung terigu.
● Tingkat elastisitas juga berbeda, terigu jauh lebih elastis dari gandum oleh sebab itu ia populer menjadi bahan dasar pembuatan kue kue.
17. kak bantu jawab dong, lk 3 prakarya kelas 8 semester 2
Jawaban:
kamu mau Budi daya apa?, kalo dulu sy Budi daya cupang. alat yg diperlukan: akuarium kecil/bisa pake botol bekas. Bahan: Air, vitamin untuk air cupangnya, dan makanan cupang berupa jentik nyamuk/anak nyamuk
18. lembar kerja-3 (lk-3) prakarya kelas 8 semester 1 halaman 117
Penjelasan:
semangat belajarnya ya dk
semoga bermanfaat!
19. prakarya kelas 8 semester 2 halaman 52 LK 1
Jawaban:
prakarya kelas 8 semester 2 halaman 52 LK 1
Penjelasan:
sumber air, kondisi air hujan setelah masuk di tanah, manfaat dan penggunaan air bersih
air hujan, bersih/kotor atau dingin, Menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh, mata air, bersih/kotor atau dingin,.Membersihkan badan. pencairan es, bersih/kotor atau dingin, Membersihkan bahan makanan dan masak.Pelajari lebih lanjut tentang materi sumber air https://brainly.co.id/tugas/2377250
#BelajarBersamaBrainly
20. tugas lk-3 prakarya kelas 9 semester 2 halaman 31-32
Oleh : Hari idfidina
smpn9 Purwakarta
1. gambar A ( tas)
Bahan = bambu/serutan bambu tipis (serat alam) , benang berbagai warna.
Teknik = menganyam , menyulam benang.
2.karya ini tergolong kerajinan berbasis media campuran
3.Karna karya ini terbuat dari anyaman bambu .
4.sesuai kegunaan tas pada umumnya. dibentuk seperti itu untuk menyimpan benda atau yang lainnya.
Dan di hias seperti itu agar terlihat lebih menarik.
5.tidak mudah untuk di bentuk sesuai bentuk asalnya.
Gambar B (kalung)
1.Bahan = Kuningan , tali , biji buah / kayu .
Teknik = meronce, pengecoran (melelehkan Kuningan dan di bentuk sesuai bentuk Kuningan pada kalung).
2. Karya ini tergolong karya kerjinan berbasis media campuran
3.karna karya ini sangat bagus dan unik berbeda dari kalung biasa. kemudian dalam proses pembuatannya agak susah.
4.karna karya ini di gunakan di leher sebagai kalung dan bisa juga di pajang sebagai hiasan
5.tidak mudah untuk dibentuk ke bentuk asalnya
follow Instagram = @Hari idfidina
Video Terkait
Reviewed by Hayana
on
Mei 29, 2025
Rating:
Tidak ada komentar