Contoh Soal Metode Kuadrat Terkecil

Contoh Soal Metode Kuadrat Terkecil

1kuadrat= 2kuadrat= 3kuadrat= 4kuadrat= 5kuadrat= 6kuadrat= 7kuadrat= 8kuadrat= 9kuadrat= 10kuadrat= pleaseee jawab

1. 1kuadrat= 2kuadrat= 3kuadrat= 4kuadrat= 5kuadrat= 6kuadrat= 7kuadrat= 8kuadrat= 9kuadrat= 10kuadrat= pleaseee jawab


Jawab:

Penjelasan dengan langkah-langkah:

1²=1

2²=4

3²=9

4²=16

5²=25

6²=36

7²=49

8²=64

9²=81

10²=100

Pangkat dua atau bilangan kuadrat (bahasa Inggris: square) dalam matematika adalah hasil perkalian antara suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri atau lebih sederhananya bilangan kuadrat merupakan perkalian berulang

Penjelasan dengan langkah-langkah:

[tex] {1}^{2} = 1 \\ {2}^{2} = 4 \\ {3}^{2} = 9 \\ {4}^{2} = 16 \\ {5}^{2} = 25 \\ {6}^{2} = 36 \\ {7}^{2} = 49 \\ {8}^{2} = 64 \\ {9}^{2} = 81 \\ {10}^{2} = 100[/tex]


2. Keunggulan metode kuadrat terkecil


Jawaban:

Kelebihan metode kuadrat terkecil diantaranya:

1. meminimumkan residu observasi dan residu parameter sehingga jumlah residu minimal (Mikhail, 1981).

2. dengan pemberian bobot besar akan diperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pemberian bobot kecil.

3. nilai kesalahan pengukuran dikoreksikan pada tiap pengukuran itu sendiri.

4. dapat mendeteksi kesalahan blunder.


3. Keunggulan metode kuadrat terkecil


Jawaban:

Kelebihan / keunggulan metode kuadrat terkecil diantaranya:

1. meminimumkan residu observasi dan residu parameter sehingga jumlah residu minimal.

2. dengan pemberian bobot besar akan diperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pemberian bobot kecil.

2. dengan pemberian bobot besar akan diperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pemberian bobot kecil.3. nilai kesalahan pengukuran dikoreksikan pada tiap pengukuran itu sendiri.

2. dengan pemberian bobot besar akan diperoleh hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pemberian bobot kecil.3. nilai kesalahan pengukuran dikoreksikan pada tiap pengukuran itu sendiri.4. dapat mendeteksi kesalahan blunder.


4. Buatlah 1 soal persamaan kuadrat yg bisa diselesaikan dengan 3 metode : metode pemfaktoran, metode melengkapi kuadrat sempurna, metode rumus ABC


# semoga membantu yah # ^_^


5. Buatlah suatu masalah yang terkait dengan sistem persamaan, interpolasi atau regresi linier dengan metode kuadrat terkecil (pilih salah satu) kemudian selesaikan soal yang anda buat


Tabel berikut menunjukkan daya regang (Y) dan kekerasan alumunium(X) yang dinyatakan dalam satuan tertentu.


X

71

53

82

67

56

70

64

78

55

70

53

84

Y

354

313

322

334

247

377

308

340

301

349

293

368


Setelah data tersebut dibuat diagram perncarnya ternyata mendekati garis lurus, tentukan regrsi linier Y atas X.

Jawab:

Untuk keperluan tersebut terlebih dahulu akan dikitung besaran-besaran yang diperlukan, seperti ditunjukkan oleh table berikut:


Xi

Yi

XiYi

71

354

25134

5041

53

313

16589

2809

82

322

26404

6724

67

334

22378

4489

56

247

13832

3136

70

377

26390

4900

64

308

19712

4096

78

340

26520

6084

55

301

16555

3025

70

349

24430

4900

53

293

15529

2809

84

368

30912

7056


Dari tabel di atas diperoleh nilai:


     =803


      =3906


=264385


   =55069


   =1285802


Dengan metode kuadrat terkecil diperoleh nilai-nilai berikut:


Dengan demikian persamaan regresi linir Y atas X untuk masalah di atas adalah :

Yˆ= 174,69 + 2,25X

Tanda  Yˆ menyatakan bahwa kita berhadapan dengan Y yang diperoleh dari regresi untuk membedakannya dengan Y dari hasil pengamatan. Karena koefisien b = 2,25 (bertanda positif) sehingga dapat dikatakan bahwa jika X (= kekuatan alumunium) bertambah satu satuan, maka rata-rata daya regang (Y) bertambah 2,25 satuan. Yˆ

Regresi yang diperoleh selanjutnya digunakan untuk keperluan peramalan, apabila nilai variabel bebas diketahui. Misalnya jika X = 80, maka dengan memasukan nilai tersebut kepada persamaan regresi di atas diperoleh nilai:

Yˆ=  174,69 + 2,25(80) = 354,69

Diperkirakan rata – rata daya regang alumunium akan samadengan 354,69 jika kekuatan alumunium 80.

Semoga membantu :) :)


6. tentukan hasilnya 6 kuadrat + 5 kuadrat =11 kuadrat +7 kuadrat =10kuadrat - 6 kuadrat=12kuadrat - 4 kuadrat=4kuadrat x 7 kuadrat=5kuadrat x 4 kuadrat=10kuadrat + 5kuadrat=12kuadrat + 2kuadrat=​


1.36+25=61

2.121+49=170

3.100-36=64

4.144-16=128

5.16×49=784

6.25×16=400

7.100+25=125

8.144+4=148

LANGKAH-LANGKAHNYA

1² = 1

2²=4

3²=8

4²=16

5²=25

6²=36

7²=49

8²=64

9²=81

10²=100

11²=121

12²=144

SEMOGAMEMBANTU

JADIKANJAWABANTERCERDASYA;)..


7. Jelaskan dan berikan contoh proyeksi pendapatan (penjualan) volume industri dengan metode random walk, metode rata-rata, dan metode kuadrat terkecil


jawaban nya kuadrat kecil soal nya enda tau maaf kalo salah

8. hasil dari 4 kuadrat+8kuadrat-5kuadrat​


Mapel : Matematika

Materi : Bilangan perpangkat

Penyelesaian

4² + 8² - 5²

(4 × 4) + (8 × 8) - (5 × 5)

16 + 64 - 25

80 - 25

55

Jawaban:

4² = 8

8² = 64

5² = 25

8+64+25 = 97


9. apakah hubungan metode kuadrat terkecil dengan pendengaran manusia ?


hubungan metode kuadrat kecil dengan pendengaran manusia seringkali disebut dengan Atomos atau atom
tolong dijadikan jawaba yang terbaik ya!!!!!!!!!!!!!!!!!
terima kasih >_<


10. Jelaskan yang dimaksud dengan metode kuadrat terkecil! Mengapa metode ini lebih baik daripada metode titik tertinggi dan terendah?


Metode kuadrat terkecil adalah metode yang digunakan untuk menentukan hubungan linier dari suatu data agar nilai-nilanya dapat diprediksi yang mana data - data tersebut tidak terdapat pada data-data yang telah dimiiki.

Mengapa metode kuadrat terkecil lebih baik daripada metode titik tertinggi dan terendah karena metode kuadrat terkecil mengidentifikasi garis terbaik yaitu dengan mengkuadratkan deviasi di setiap titik atau selisih antara biaya aktual dengan biaya yang diprediksi, yang mana ditunjukkan oleh jarak dari titik ke garis.  Kemudian menjumlahkan deviasi yang dikuadratkan yang merupakan ukuran keseluruhan kedekatan. Garis dengan jumlah kuadrat deviasi terkecil merupakan garis kecocokan terbaik.

Pembahasan

Perilaku biaya (cost behavior) suatu istilah yang menggambarkan apakah biaya input bersifat variabel atau tetap yang berhubungan dengan perubahan output aktivitas

Keunggulan metode tinggi rendah yaitu :

1. Objektivitas

2. Dengan cepat mengetahui hubungan biaya hanya berdasarkan dua titik data.

Kelemahan metode tinggi rendah yaitu jika dua titik terendah atau dua titik tertinggi merupakan outlier maka hubungan biaya aktivitas yang diperoleh menjadi tidak representatif.

Keunggulan metode scatter plot yaitu adanya kesempatan untuk melakukan analisis terhadap biaya secara virtual serta dapat mengidentifikasi nonlineraritas, keberadaan outliers, dan dapat terjadi pergeseran dalam hubungan biaya.

Kekurangan metode scatter plot yaitu tidak ada kriteria objektif dalam penilaian pemilihan garis terbaik.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang  metode kuadrat terkecil brainly.co.id/tugas/24796881

------------------------------------------------------------ Detail jawaban

Kelas : 10 - SMA

Mapel : Ekonomi

Bab : Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Kode : 10.12.2

Kata kunci : Metode kuadrat terkecil, metode titik tertinggi dan terendah  

rsm


11. berikan contoh soal dan cara penyelesaiannya mengenai persamaan kuadrat dengan metode berfariasi


1. Tentukan persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya dua kali dari akar x2 - 5x + 3 = 0 !

Jawab :
Dari persamaan x2 - 5x + 3 = 0 diketahui : a=1; b=-5; c=3; n=2 ax2 + nbx + n2 c = 0(1)x2 + (2)(-5)x + (2)2 (3) = 0 x2 + (-10)x + 4 (3) = 0 x2 - 10x + 12 = 0 2. Tentukan persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya kebalikan dari akar 2x2 - 8x + 6 = 0 !

Jawab :
Dari persamaan 2x2 - 8x + 6 = 0 diketahui : a=2; b=-8; c=6; cx2 + bx + a = 0(6)x2 + (-8)x + 2 = 0 6x2 - 8x + 2 = 0
Jawab :
Dari persamaan x2 - 5x + 3 = 0 diketahui : a=1; b=-5; c=3; n=2 ax2 + nbx + n2 c = 0(1)x2 + (2)(-5)x + (2)2 (3) = 0 x2 + (-10)x + 4 (3) = 0 x2 - 10x + 12 = 0 2. Tentukan persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya kebalikan dari akar 2x2 - 8x + 6 = 0 !

Jawab :
Dari persamaan 2x2 - 8x + 6 = 0 diketahui : a=2; b=-8; c=6; cx2 + bx + a = 0(6)x2 + (-8)x + 2 = 0 6x2 - 8x + 2 = 0 

12. contoh soal persamaan 2 variabel : linear dan kuadrat dengan metode substitusi


x +y = 75
4x + 2y = 210
tentukan x+y

13. Hasil dari 60 kuadrat × 4kuadrat + 3kuadrat -13 kuadrat =



[tex] {60}^{2} \times {4}^{2} + {3}^{2} - {13}^{2} \\ = 3.600 \times 16 + 9 - 169 \\ = 57.600 + 9 - 169 \\ = 57.609 - 169 \\ = 57.440[/tex]
Semoga membantu :)

14. cari contoh soal penyelesaian persamaan kuadrat dengan metode pemfaktoran, melengkapkan kuadrat sempurna dan rumus abc.​


Jawaban:

Ada tiga cara menyelesaikan persamaan kuadrat, yaitu:

Pemfaktoran

Melengkapkan kuadrat sempurna

Rumus ABC

Bagian pertama ini akan menjelaskan faktor, pasangan faktor, rumus mencari akar-akar dan contoh soal persamaan kuadrat dengan koefisien a = 1, a>1 dan a<1.

Sedangkan dua cara lainnya akan dibahas dalam dua artikel selanjutnya.

Persamaan Kuadrat Metode Pemfaktoran

“Carilah dua bilangan yang jika dikalikan hasilnya = ac dan jika dijumlahkan hasilnya = b”.

Adalah kalimat yang sering digunakan bukan hanya dalam menjelaskan cara menyelesaikan persamaan kuadrat metode pemfaktoran. Tetapi juga digunakan dalam mencari akar pertidaksamaan kuadrat.

Kalimat yang membuat kita mencoba beberapa bilangan yang memenuhi syarat jumlah dan hasil kali serta menjadikan cara memfaktorkan tampak seperti tebak-tebakan.

Lalu adakah cara, rumus, atau metode sistematisnya? sehingga kita tidak perlu lagi mengira-ngira bilangan yang tepat.

Tentu saja ada, namanya “Pasangan Faktor (versi PDF)” dan cara pencarian akar-akar x1 dan x2 ini bisa digunakan untuk semua jenis persamaan kuadrat, seperti:

Koefisien a = 1

Koefisien a > 1

Koefisien a < 0

Bentuk Umum Persamaan Kuadrat

Bentuk umum: ax2 + bx + c = 0 dengan a, b, c, ∈ R dan a ≠ 0.

Dimana

x = variabel

a = koefisien x2

b = koefisien x

c = konstanta

Mon maap kalo salah

semoga bermanfaat


15. 7kuadrat+9kuadrat-6kuadrat


7²+9²+6²= 49+81+36=146
7+9 = 16

16-6 = 10

jadi tujuh ditamba sembilan samadengan enam belas
enam belas dikurangi enam sama dengan sepuluh

16. - Mapel : Matematika- Kelas : IX - SMP- Kode soal : 2- Materi : Persamaan KuadratNote: Dengan Metode Faktorisasi​


Jawaban:

Semoga Bermanfaat yaa akhi!

#AyoBelajar

persamaan kuadrat

x² - (m + n)x + mn = 0

(x-m)(x-n)=0

a.

x² - 2x - 8 = 0

2 bilangan (m dan n) :

dikalikan (-8)

dijumlahkan (-2)

m = -4

n = 2

x² - 2x - 8 = 0

(x - 4)(x + 2) = 0

x = 4 atau x = -2

b.

2x² - x - 3 = 0

(2x - 3)(x + 1) = 0

2x - 3 = 0

2x = 3

x = 3/2

x + 1 = 0

x = -1

x = {-1 , 3/2}

c.

x² - 16 = 0

x² - 4² = 0

(x + 4)(x - 4) = 0

x = -4 atau x = 4

d.

x² + x - 2 = 0

(x + 2)(x - 1) = 0

x = -2 atau x = 1

e.

x² - 9x + 20 = 0

(x - 4)(x - 5) = 0

x=4ataux=5


17. Tentukan hasil operasi hitung berikut! A.6 kuadrat + 5kuadrat= B.275+15 kuadrat= C.12kuadrat-7kuadrat= .D.8kuadrat×4= .E.350-6 kuadrat×3 kuadrat= ..F.500-(15kuadrat+9kuadrat)=..


A. Nilai dari [tex]6^2 \:+\: 5^2[/tex] adalah 61.

B. Nilai dari 275 + [tex]15^2[/tex] adalah 500.

C. Nilai dari [tex]12^2 \:-\: 7^2[/tex] adalah 95.

D. Nilai dari [tex]8^2[/tex] × 4 adalah 256.

E. Nilai dari 350 - [tex]6^2 \times 3^2[/tex] adalah 26.

F. Nilai dari [tex]500 \:-\: (15^2 \:+\: 9^2)[/tex] adalah 194.

Pembahasan

OPERASI PADA BILANGAN KUADRAT

Bilangan kuadrat diperoleh dengan mengalikan bilangan itu dengan bilangan itu sendiri.

[tex]a^2 \:=\: a \times a[/tex]

Contohnya:

[tex]5^2 \:=\: 5 \times 5[/tex] = 25[tex]7^2 \:=\: 7 \times 7[/tex] = 49

Operasi pada bilangan kuadrat sama seperti aturannya dengan operasi pada bilangan biasa, hanya saja, kuadrat lebih dahulu dilakukan.

Aturan urutan pengerjaan:

Kuadrat dilakukan lebih dahulu.Operasi di dalam tanda kurung.Perkalian atau pembagian.Penjumlahan atau pengurangan.

Ditanyakan:

A. [tex]6^2 \:+\: 5^2[/tex] = ?

B. 275 + [tex]15^2[/tex] = ?

C. [tex]12^2 \:-\: 7^2[/tex] = ?

D. [tex]8^2[/tex] × 4 = ?

E. 350 - [tex]6^2[/tex] × [tex]3^2[/tex] = ?

F. [tex]500 \:-\: (15^2 \:+\: 9^2)[/tex] = ?

Penjelasan:

A. [tex]6^2 \:+\: 5^2[/tex]

= [tex](6 \times 6) \:+\: 25[/tex]

= [tex]36 \:+\: 25[/tex]

= 61

B. 275 + [tex]15^2[/tex]

= [tex]275 \:+\: (15 \times 15)[/tex]

= [tex]275 \:+\: 225[/tex]

= 500

C. [tex]12^2 \:-\: 7^2[/tex]

= [tex](12 \times 12) \:-\: (7 \times 7)[/tex]

= [tex]144 \:-\: 49[/tex]

= 95

D. [tex]8^2[/tex] × 4

= [tex](8 \times 8) \times 4[/tex]

= [tex]64 \times 4[/tex]

= 256

E. 350 - [tex]6^2 \times 3^2[/tex]

= [tex]350 \:-\: (6 \times 6) \times (3 \times 3)[/tex]

= [tex]350 \:-\: 36 \times 9[/tex]

= [tex]350 \:-\: 324[/tex]

= 26

F. [tex]500 \:-\: (15^2 \:+\: 9^2)[/tex]

= [tex]500 \:-\: ((15 \times 15) \:+\: (9 \times 9))[/tex]

= [tex]500 \:-\: (225 \:+\: 81)[/tex]

= [tex]500 \:-\: 306[/tex]

= 194

Pelajari lebih lanjut

Bilangan Kuadrat 1 - 50 https://brainly.co.id/tugas/11500835Operasi Bilangan Kuadrat dan Akar Pangkat Dua https://brainly.co.id/tugas/12636779Selisih Bilangan Kuadrat https://brainly.co.id/tugas/16223334

Detail Jawaban

Kelas : V

Mapel : Matematika

Bab : Kuadrat dan Akar pangkat dua

Kode : 5.2.7.

#TingkatkanPrestasimu


18. contoh soal persamaan kuadrat dan akar, penyelesaian dengan 3 metode


contoh :
cari akar-akar dari persamaan kuadrat x²+6x+5 = 0

penyelesaian
>> dengan metode pemfaktoran
x²+6x+5 = 0
(x+5)(x+1) = 0
x+5 = 0 maka x = -5
atau
x+1 = 0 maka x = -1
jadi
x=-1 atau x=-5

>> dengan rumus abc
x²+6x+5 = 0
a=1; b=6; c=5
[tex] x_{1,2}= \frac{-b(+-) \sqrt{b^2-4ac} }{2a} \\ x_{1,2}= \frac{-6(+-) \sqrt{6^2-4(1)(5)} }{2(1)} \\ x_{1,2}= \frac{-6(+-) \sqrt{36-20)} }{2} \\ x_{1,2}= \frac{-6(+-) \sqrt{16} }{2} \\ x_{1,2}= \frac{-6(+-) 4 }{2} \\ x_{1,2}= -3(+-) 2[/tex]
x=-3+2 = -1
atau
x=-3-2 = -5

>> dengan melengkapkan kuadrat sempurna
x²+6x+5 = 0
x²+6x = -5
(x+3)²-9 = -5
(x+3)² = -5+9
(x+3)² = 4
x+3 = (+-)2

x+3 = +2
x = 2-3=-1
atau
x+3 = -2
x=-2-3= -5

semoga membantu yah


19. 1kuadrat - 2kuadrat + 3kuadrat - 4kuadrat............ - 2010kuadrat + 2011kuadrat. berapa jumlah deret di atas?


Soal dapat kita ubah menjadi:
= 1 + (3² - 2²) + (5² - 4²) + (7² - 6²) + ... + (2011² - 2010²)
= 1 + 5 + 9 + 13 + ...+ 4021

Ini merupakan deret aritmatika
Un = 4021
a = 1
b = 4
4021 = 1 + (n - 1) .4
n = 1006

Sn = 1006/2 x (1 + 4021)
Sn = 503 x 4021
      = 2023066


20. Sebutkan apa yang dimaksud dengan metode tinggi rendah, metode scatterplot, dan metode kuadrat terkecil ?


Jawaban:

Metode tinggi-rendah adalah suatu metode untuk menentukan persamaan suatu garis lurus dengan terlebih dahulu memilih dua titik (titik tinggi dan rendah) yang a kan digunakan untuk menghitung parameter pemintas dan kemiringan.

Metode scatterplot adalah suatu metode penentuan persamaan suatu garis dengan memplot data dalam suatu grafik.

Metode kuadrat terkecil adalah Kedekatan setiap titik pada garis dapat diukur dengan jarak vertikal titik dari garis. Jarak vertikal ini adalah perbedaan antara biaya aktual dengan biaya yang diprediksi oleh garis. Untuk titik 5, biaya yang diprediksi adalah 5, dan deviasinya adalah jarak antara titik 5 dan 5 jarak dari titik ke garis.

Video Terkait

Contoh Soal Metode Kuadrat Terkecil Contoh Soal Metode Kuadrat Terkecil Reviewed by Hayana on Februari 24, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar